
Eksperimen
20 August 2025 | 1 bulan yang lalu
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Lokal dan Internet Kelas X SMA Negeri 3 Samarinda
Pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman langsung, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan lokal dan internet di kelas X SMA Negeri 3 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain pra eksperimen (One Group Pretest-Posttest Design), di mana siswa diberikan pretest sebelum pembelajaran, diikuti dengan penerapan PjBL, dan diakhiri dengan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya model PjBL, seluruh siswa memperoleh nilai di bawah standar ketuntasan minimal. Setelah penerapan PjBL, sebanyak 81,25% siswa mencapai ketuntasan hasil belajar, dengan peningkatan nilai rata-rata yang signifikan. Hasil analisis N-Gain menunjukkan skor 0,71, yang termasuk dalam kategori tinggi, dengan persentase peningkatan sebesar 71,8%, yang dikategorikan sebagai cukup efektif. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan keterlibatan yang positif dengan rata-rata 78,5%, serta 97,2% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan lokal dan internet.
Skripsi :
Pilih bab untuk ditampilkan...