Detail Skripsi

« Back to all
penulis skripsi
Muhammad Zidan

Eksperimen

28 August 2025 | 1 bulan yang lalu

Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Pada Materi Dampak Sosial Informatika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 5 Samarinda

Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut serta dominannya penggunaan metode ceramah yang kurang memfasilitasi kemandirian dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Dampak Sosial Informatika di kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental designs jenis one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, melibatkan 24 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest, lembar observasi, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan rata-rata skor pretest sebesar 70 dan posttest sebesar 89,17. Analisis N-Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,63 yang mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar yang cukup efektif. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan model SDL juga sangat positif, dengan rata-rata skor angket mencapai 81,29%. Dengan demikian, penerapan model Self Directed Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi Dampak Sosial Informatika.

Skripsi :