
Eksperimen
28 August 2025 | 1 bulan yang lalu
Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Materi Sistem Komputer Kelas VIII DI SMPN 6 Samarinda
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 6 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media Canva terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control Group yang melibatkan dua kelompok yang berbeda, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model Think Pair Share dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui Pre-Test dan Post-Test, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T-Test) dengan program SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa secara statistik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata Post-Test siswa pada kelas eksperimen mencapai 77,34 melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Pada hasil uji statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Think Pair Share yang didukung oleh media Canva terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan untuk diterapkan pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan dua kelompok yang tidak dipilih secara acak sehingga hasilnya belum bisa digeneralisasikan secara luas,waktu implementasi yang terbatas selama tiga kali pertemuan, dan variabel yang digunakan masih pada aspek kognitif saja. Oleh karena itu, penelitian lanjutan disarankan menggunakan desain faktorial atau time series, serta memperluas variabel hasil belajar mencakup aspek afektif, psikomotor, dan pemahaman konsep secara kuantitatif agar hasil yang diperoleh lebih mendalam.
Skripsi :
Pilih bab untuk ditampilkan...