
Pengembangan
26 July 2025 | 2 bulan yang lalu
Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) Terintegrasi PjBL (Project Based Learning) Materi Jaringan Komputer dan Internet Kelas X SMAN 14 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) yang terintegrasi dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL). E-modul ini dirancang untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika, khususnya materi jaringan komputer dan internet, serta untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul tersebut di kelas X SMA Negeri 14 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 14 Samarinda, dengan sampel sebanyak 181 peserta didik dan seorang guru mata pelajaran Informatika. Selain itu, proses validasi juga melibatkan satu orang ahli materi dan tiga orang ahli media. Objek dari penelitian ini adalah e-modul berbasis TPACK yang terintegrasi dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul yang dikembangkan memperoleh penilaian kelayakan dari satu validator ahli materi dengan skor rata-rata 174 dan dikategorikan “Sangat Layak”. Selain itu, tiga validator ahli media memberikan nilai rata-rata sebesar 54,67, juga dengan kategori “Sangat Layak”. Nilai rata-rata keseluruhan dari hasil validasi tersebut mencapai 114,33, yang termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Setelah melalui uji kelayakan, dilanjutkan dengan pengambilan respons dari seorang guru dan 181 peserta didik kelas X. Hasil dari respons pengguna menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 140,35 dengan kategori “Sangat Baik”.
Skripsi :
Pilih bab untuk ditampilkan...