Detail Skripsi

« Back to all
penulis skripsi
Anissatul Hidayah

Pengembangan

1 July 2025 | 3 bulan yang lalu

Pengembangan E-Modul Menggunakan Heyzine Pada Mata Pelajaran Informatika Elemen Literasi Digital Fase F Kelas Xi-5 Di Sma Negeri 16 Samarinda

Pengembangan E-modul Informatika menggunakan heyzine flipbook pada elemen literasi digital ini disebabkan oleh belum tersedianya bahan ajar dan buku panduan terkait elemen literasi digital sesuai capaian pembelajaran kurikulum merdeka revisi berdasarkan Surat Keputusan Badan Standar Kurikulum Nomor 032/H/KR/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk e-modul informatika elemen literasi digital kelas XI di SMA Negeri 16 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yang terlibat adalah 3 ahli media, 1 ahli materi, dan subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 16 Samarinda yang berjumlah 35 orang, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan e-modul informatika elemen literasi digital. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli media, ahli materi dan siswa, tingkat kelayakan e-modul informatika elemen literasi digital termasuk kedalam kategori sangat layak. Uji kelayakan dapat dilihat pada hasil angket ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 68 yang masuk kedalam kategori “Sangat Layak”, ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 55,67 yang masuk kedalam kategori “Sangat Layak”, uji coba produk diperoleh nilai rata-rata 53,43 yang masuk kedalam kategori “Sangat Layak”. Hasil keseluruhan dari uji kelayakan dan uji coba produk menunjukkan angka 59,03 termasuk kategori “Sangat Layak”. Penelitian ini dicukupkan pada kelayakan e-modul, untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan pengembangan e-modul dengan menerapkan model pengembangan lainnya. Penelitian selanjutnya juga dapat menganalisis atau menguji efektivitas e-modul informatika ini pada pembelajaran literasi digital.

Skripsi :