Detail Skripsi

« Back to all
penulis skripsi
Riendy

Pengembangan

16 July 2025 | 2 bulan yang lalu

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Materi Berpikir Komputasional Kelas X (Studi Kasus: Smk Negeri 17 Samarinda)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis website menggunakan WordPress materi berpikir komputasional kelas X di Sekolah SMK Negeri 17 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah satu ahli materi, tiga ahli media, satu guru informatika SMK Negeri 17 Samarinda, dan peserta didik kelas X SMK Negeri 17 Samarinda. Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,06 sehingga masuk dalam kategori “Layak”, hasil penilaian dari ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,41 sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”, hasil penilaian dari peserta didik kelas X-TLM yang berjumlah 30 orang diperoleh nilai rata-rata 4,65 sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil respon dari guru diperoleh nilai 100% dengan kategori “Sangat Baik”, dan hasil respon dari peserta didik yang berjumlah 74 orang diperoleh nilai 90,54% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Materi Berpikir Komputasional Kelas X (Studi Kasus: SMK Negeri 17 Samarinda) dinyatakan “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran.

Skripsi :